Activities In Internship Place #1

       Hi! Long time no see yaa! And welcome 3rd semester! Selama 6 bulan ke depan setiap 2 minggu sekali, saya akan menceritakan aktivitas saya di kitchen selama training. Saya melaksanakan training di Sheraton Bandung Hotel & Towers untuk periode 6 Agustus - 5 Februari bersama 3 rekan saya. Sistem kerja di Sheraton Bandung adalah 5 hari kerja dan 2 hari off atau libur. Hari pertama diawali dengan orientasi. Adapun tujuan dilakukannya orientasi adalah untuk memperkenalkan seluruh fasilitas yang ada di Sheraton Bandung.

Hotel Tour

       Selain itu, kami juga menerima beberapa materi mengenai sejarah berdirinya Marriot International yang merupakan perusahaan yang menaungi Sheraton Bandung, serta brand-brand hotel lain yang termasuk ke dalam Marriot International. Setelah itu, kami pun diantar ke department masing-masing untuk pembagian schedule.

       Di awal minggu pertama saya mendapat section ADR atau kantin. Di kantin saya diajarkan cara merefill makanan, merapikan peralatan makan, melayani para staff maupun trainee lain dan membersihkan kantin. Saat in charge di kantin saya juga membantu staff untuk memprepare bahan-bahan yang digunakan untuk membuat makanan kantin.

ADR/Kantin

Merefill Makanan

       Setelah itu, saya mendapat section cold kitchen. Di cold kitchen saya diajarkan mengenai sistem kerja untuk menghandle dan memprepare breakfast, dinner, a'la carte, dll. Selain itu, saya juga mendapat banyak resep salad, sandwich dan menu appetizer lainnya. Hal yang paling sering saya lakukan saat di cold kitchen adalah memprepare back up-an slice fruit dan merefill condiment salad bar beserta dressingnya. 

Cold Kitchen

Set up Salad Bar, Slice Fruit & Individual Salad

Slice Fruit

       Selain itu, saya juga diperkenalkan mengenai bahan-bahan yang ada di cold kitchen, dan juga semua chiller seperti raw chiller dan beverage chiller, serta frezeer yang ada di Sheraton Bandung. 

Raw Chiller

Beverage Chiller

Frezeer

       Minggu kedua saya ditempatkan di section banquette. Adapun aktivitas yang saya lakukan adalah memprepare bahan-bahan untuk lunch maupun dinner. Selama seminggu, banquette full dengan event. Event terbesar minggu ini adalah wedding dengan jumlah 1000 pax, jadi kami harus memprepare lebih banyak bahan dari biasanya. Dan saya juga sempat in-charge di salah satu ballroom di Sheraton Bandung, yaitu Gardenia. Saat in-charge, saya bertugas untuk set up makanan, membersihkan meja buffet, merefill makanan dan juga clear up. Selain itu, saya juga mendapat resep mengenai beberapa jenis bumbu dasar yang sering digunakan di banquette.

Banquette

Set up Buffet

       Selama 2 minggu ini, saya mendapat shift pagi yaitu pukul 10.00-19.00. Dan shift siang pukul 11.00-20.00 atau 14.00-23.00. Fyi, sistem di kitchen adalah setiap trainee diberi waktu 2 bulan untuk menetap disatu section, dan setelah itu dilalukan pergantian section. Section di kitchen terdiri atas cold kitchen, hot western, hot asean, ADR, butcher dan live cooking. 
       

Komentar

Postingan Populer