Something Interest In Internship Duration #4


      Dua minggu ini ada beberapa hal menarik yang ingin saya ceritakan, khususnya minggu ini. Yang pertama saat saya in-charge di kantin. Hari itu saya sendiri menghandle lunch di kantin dan sangat banyak staff yang makan, sedangkan peralatan makan masih dicuci di steward, air galon belum diganti, makanan belum direfill, belum lagi permintaan staff yang ingin diambilkan ini dan itu. Saya sangat bingung harus melakukan yang mana terlebih dahulu. Akhirnya saya memanggil teman saya di banquette untuk membantu dan semuanya bisa teratasi. Terkadang saya berfikir, mengapa selalu saya yang disuruh in-charge di kantin, sedangkan di banquette juga banyak kerjaan dan teman saya hanya sendiri. Padahal banyak trainee lain yang bisa menggantikan saya. Saya juga selalu merasa masih kurang, itulah mengapa saya selalu membantu section lain, setidaknya untuk menambah pengetahuan saya.

       Minggu ini saya juga mendapat banyak hal baru. Hari itu saya sudah mau pamit untuk pulang, tapi teman saya di cold kitchen menerima banyak orderan dan meminta saya untuk menghandle salah satunya, yaitu B.L.T (Beef, Lettuce, Tomato) Sandwich. Untungnya saya pernah melihat staff di cold membuat menu tersebut, jadi saya bisa belajar dan menyelesaikan orderan tersebut. 

B.L.T Sandwich

       Selain itu, Sous Chef pernah menyuruh saya untuk merebus bakso ayam, secara manual yah! So, saya harus membentuk bakso menggunakan tangan saya. That was my first time gaess! Awalnya saya kesulitan karena adonannya lembek dan lengket, jadi hasilnya pun kurang bagus. Tapi lama kelamaan saya mulai terbiasa dan bentuknya juga sudah lebih bagus dari sebelumnya. 

Membentuk Bakso Ayam

       Dan saat main ke pastry, tiba-tiba saya disuruh untuk menggarnish birthday cake oleh teman saya. Of course I said yess! Kesempatan bagus buat saya pastinya. Hasilnya juga lumayan, tapi saya harus belajar lebih banyak lagi. Yepp! Meskipun saya trainee kitchen, tapi saya diperbolehkan masuk ke pastry untuk belajar  atau pun sekedar membantu. Staff dan trainee pastry pun tidak pelit ilmu, selain diajarkan beberapa pastry product, saya juga diberikan banyak recipe

Hasil Garnish Cake

       Dan berhubung di minggu ini banyak event besar, jadi saya disuruh in-charge lunch di Feast Restaurant. Saya harus menyiapkan back-up an, merefill makanan, melayani dan berinteraksi dengan tamu. Sesekali saya juga melihat di cold kitchen station apabila ada buah atau salad yang harus direfill, juga membantu mengambilkan crepes dan ice cream untuk tamu di live cooking pastry. Alhasil saya harus cepat untuk pindah dari station satu ke station lainnya. Karena saat itu lunch sangat ramai dan hanya 3 trainee yang in-charge di buffet. Selain itu, saya juga harus stay di banquette saat ada dinner ditiga tempat sekaligus, yaitu Gardenia, Saragosa dan Fisherman. Sangat melelahkan, apalagi menu ketiga tempat tersebut tidak semuanya sama. Belum lagi jika back-up an habis, jadi harus dibuat lagi dan untung saja ada staff yang membantu. 

Saragosa Meeting Room

       Karena banquette sangat sibuk, jadi kami selalu terlambat prepare untuk keesokan harinya, bahkan kami sempat overtime selama 4 jam dan baru prepare pada pukul 9 malam. Tapi jika semuanya dikerjakan bersama, hasilnya pun pasti baik juga. 

Komentar

Postingan Populer