Activities In Internship Place #6

       Hello gaesss! I'm backk! Sekarang saya sudah melewati 3 bulan masa traning, dan itu berarti training saya tersisa 3 bulan juga. So, bagaimana dengan pergantian section? Menurut info yang saya dapat, di awal bulan November nanti schedule kami sudah berubah. Dan bisa jadi minggu ini adalah minggu terakhir saya di banquette. But to be honest, semenjak kedatangan Commis baru di banquette, saya jadi lebih excited untuk bekerja, karena saya bisa mendapat banyak hal dari beliau. Bahkan kami selalu membahas menu dan bertukar pikiran, dan tidak jarang saya mendengar nama-nama makanan yang sangat asing, dan beliau tidak segan untuk menjelaskan kepada saya mengenai asal-usul, bahan serta memperlihatkan kepada saya proses pembuatannya, bahkan saya juga diizinkan untuk menyalin recipe-recipe dari bukunya. Dan bekerja dengan beliau juga membuat kami bisa lebih mengefisienkan waktu dan juga lebih terstruktur.

       Seperti biasa, hal yang saya lakukan di banquette adalah memprepare dan menghandle lunch atau dinner, set up dan clear up, in-charge buffet, mencatat orderan barang, serta membantu cold kitchen membuat berbagai macam appetizer seperti, ketoprak, rujak coel, balinese chicken salad, lumpia semarang dan urab roll, membantu asean membuat orderan dan membantu western menggrill condiment roasted snapper untuk fisherman. Okay skipp! 

Seet Up di Gardenia

Ketoprak & Rujak Coel

Balinese Chicken Salad

Condiment Roasted Snapper

       Kali ini saya akan menceritakan hal lain dari banquette. Di banquette kami selalu membuat berbagai macam bumbu dasar, seperti bumbu putih, bumbu merah, bumbu kuning dan bumbu hijau. Jadi kami tinggal mencampur bumbu dasar tersebut apabila akan membuat product seperti balado, curry, dll. 

Bumbu Merah

Bumbu Hijau

       Selain itu, apabila ada bahan atau sisa makanan yang masih layak digunakan seperti ayam, ikan atau daging sapi, maka akan kami olah menjadi menu yang berbeda atau disimpan di beverage chiller untuk digunakan nantinya. Sebelum menyimpan bahan prepare pun kami wajib melakukan double check untuk memastikan apakah masih ada bahan yang kurang atau tidak. 

Bahan yang Akan Diolah Ulang

       Saya juga diajarkan untuk mengisi HACCP form Food Cooling dan Daily Temperature (Hot). Untuk Food Cooling sendiri suhunya harus di bawah 21°C, sedangkan Daily Temperature (Hot) suhunya harus di atas 57°C, tapi form ini hanya berlaku untuk makanan yang berprotein saja, seperti poultry, seafood dan beef. 

Form Daily Temperature (Hot )

       Oh iya, berbeda dengan section lain, banquette tidak memiliki menu a'la carte, karena banquette hanya beroperasi saat ada event. Dan selain buffet style, banquette juga memiliki family style tergantung dari jumlah pax atau reservasi. Selain itu, meskipun banquette memiliki schedule, terkadang kami datang tidak sesuai dengan waktu yang tertera, karena biasanya kami datang sesuai dengan event yang ada. Misalkan hanya ada dinner, bisa saja kami masuk saat siang.

       Minggu ini Hotel Sheraton kembali kedatangan Marie Browne, beliau adalah Area Director of Operations for Indonesia Marriott International. Seperti biasa beliau melakukan pengecekan di kitchen dan restaurant. Jadi semua staff maupun trainee di kitchen melakukan General Cleaning, dan saya ditugaskan untuk membersihkan raw chiller dan banquette, bahkan saya harus datang lebih pagi untuk melakukannya. 

Membersihkan Raw Chiller

Membersihkan Banquette

       Minggu ini kami juga sepakat untuk melakukan briefing setiap pukul 14.00. Adapun briefing selama 2 minggu ini membahas mengenai menu baru evening cocktail di Towers, habit, knowledge dan attitude, kebersihan, serta food terminology. Sous Chef mengatakan bahwa sebagai seorang Chef, selain membuat product kita juga harus bisa menjelaskan sejarah atau makna dari product yang kita dibuat. 

Saat Briefing

Komentar

Postingan Populer