Mid Test " Oriental Buffet "

     Setelah melakukan praktik selama beberapa minggu, akhirnya tiba masa dimana kami melaksanakan mid test praktik di semester 4 ini. Sebelumnya setiap kelompok telah mendapat jadwal praktik masing-masing. Dan kelompok 2 mendapat jadwal praktik di hari Rabu, tepatnya tanggal 13 Maret 2019. Meskipun begitu, semua kelompok harus tetap datang di kitchen setiap harinya. 

     Di minggu ini bisa dibilang merupakan minggu praktik tersibuk. Di hari pertama saja kami harus melakukan general cleaning di pagi hari, yaitu pukul 07.00 yang biasanya kami lakukan di siang hari.

Saat General Cleaning

     Hal tersebut kami lakukan karena kampus kami kedatangan tamu dari 5 instansi kampus di bawah naungan Kementrian Pariwisata, seperti Medan, Lombok, Palembang, Bandung dan Bali. Jadi, kitchen ditugaskan untuk membuat Lunch serta Coffee Break untuk tamu-tamu tersebut. Adapun menu yang kami hidangkan adalah berbagai macam hidangan khas dari Sulawesi Selatan, seperti Konro Bakar, Sop Saudara, Jalangkote, Pisang Ijo, Songkolo, dan masih banyak lagi. Kami semua berbagi tugas untuk menyelesaikan semua hidangan tersebut. Dan tugas saya adalah membuat Songkolo. Setelah semua hidangan selesai, kami mengecek semua komponen agar tidak ada yang kurang. Kemudian kami pun membawanya ke gedung Rektorat untuk di set up. 

       Keesokan harinya kelompok 2 melakukan preparation untuk menu Oriental Buffet, yaitu Thai Beef Salad, Chinese Spinach & Peanut Salad, Tom Yam Goong, Pho Bo, Khau Plao, Gai Tod Takrai, Yam Makeua Yo, Tori No Teriyaki, Ingen No Gama Ae, Onigiri, Tang Yuan, Khao Neow Ma Muany dan Tang Zhong. Sebelum memulai praktik, terlebih dahulu kami briefing mengenai semua menu yang akan diprepare, serta berbagi tugas untuk menghandle setiap menu, mulai dari Appetizer hingga Dessert.

Membahas Menu

     Dan tugas saya adalah menghandle menu Dessert bersama teman saya, yaitu Tang Yuan, Khao Neow Ma Muany dan Tang Zhong. Hal pertama yang kami lakukan adalah membuat Tang Yuan, kemudian dilanjutkan dengan membuat Tang Zhong. Terdapat sedikit masalah saat kami membuat Tang Zhong, karena hasilnya bantet dan tidak mengembang, akhirnya kami pun mengulangnya, untung saja hasilnya lebih baik dari sebelumnya. Oh iya, untuk Khao Neow Ma Muany sendiri tidak kami prepare karena kami kesulitan untuk mendapat mangga yang kualitasnya bagus. 

Membuat Adonan Tang Yuan

Proses Merebus Tang Yuan

Hasil dari Tang Yuan

Membuat Kuah Tang Yuan

Membuat Adonan Tang Zhong

Memporsikan Adonan Tang Zhong

Proses Proofing Tang Zhong

Proses Pemanggangan Tang Zhong

       Karena kampus kami ikut serta dalam pameran Makassar International Education Expo 2019. Jadi kami harus membuat product untuk dibawa ke pameran tersebut. Sebenarnya saya tidak ditugaskan untuk membuat product, tapi teman saya menyuruh saya untuk membuat Chocolate Sponge Cake dan White Namelaka. Awalnya saya sempat menolak karena hari itu merupakan jadwal praktik kelompok 2, tapi karena teman saya ada urusan di luar, akhirnya saya pun membantunya.

Hasil dari Chocolate Sponge Cake

     Saat saya sedang membuat cake, teman kelompok saya memberitahukan bahwa kami disuruh untuk explain menu Oriental Buffet kepada dosen in-charge. Setelah semua menu sudah selesai diplating, saya diberitahu untuk menyiapkan 4 set menu karena kitchen kedatangan tamu. Saya pun berbagi tugas dengan teman kelompok saya untuk menyiapkannya.

Thai Beef Salad

Chinese Spinach & Peanut Salad

Tom Yam Goong

Pho Bo

Khau Plao, Gai Tod Takrai & Yam Makeua Yo

Tori No Teriyaki, Ingen No Gama Ae & Onigiri

Tang Yuan

Tang Zhong

     Setelah itu, saya pun menghidangkan setiap menu satu per satu kepada tamu-tamu tersebut. Karena hal tersebut, kelompok 2 tidak jadi explain. Seperti biasa, sebelum mengakhiri aktivitas di kitchen, terlebih dahulu kami makan siang bersama dan dilanjutkan dengan melakukan general cleaning. Fyi, kami memiliki sistem pengundian untuk steward agar semuanya kebagian. Dan di hari praktik kelompok 2, saya menjadi steward, wkwkwk xD

Makan Siang Bersama

Stewarding

      Tidak sampai disitu, keesokan harinya kami semua kembali disibukkan dengan membuat banyak product untuk menyambut tamu-tamu yang akan melakukan kunjungan di kitchen. Adapun product yang kami buat adalah Berliner, Green Tea Cake, Vanilla Velvet, Panada, Nasi Kuning, Pizza, dll. Setiap menu dihandle oleh masing-masing kelompok dan kelompok 2 bertugas untuk menghandle Green Tea Cake. Kami pun membuat Vanilla Sponge Cake terlebih dahulu, kemudian Green Tea Frosting, lalu dilanjutkan dengan proses layering. Terakhir dimasukkan ke dalam chiller dan baru dipotong keesokan harinya.

      Ok gaess! Kurang lebih seperti itulah kegiatan dan kesibukan kami selama seminggu ini. Meskipun kami membuat banyak product, tapi kami bisa menyelesaikan semuanya berkat kerjasama tim yang baik. 

Komentar

Postingan Populer